Ia mendefinisikannya sebagai kontak yang terjadi antara konsumen dengan
setiap aspek organisasi yang akan membentuk opini konsumen tentang kualitas
pelayanan yang diberikan oleh organisasi tersebut. Untuk menciptakan pelayanan
yang berkualitas, setiap organisasi harus mengidentifikasikan dan mengelola
momen kritis pelayanan tersebut secara baik. Dengan kata lain, harus ada
kesesuaian/kompatibilitas antara 3 faktor dalam pengelolaan momen kritis
pelayanan; yaitu:
- Konteks pelayanan (service context)
- Referensi yang dimiliki konsumen (customer’s frame of reference)
- Referensi yang dimiliki anggota organisasi penyelenggara pelayanan (employee’s frame of reference)
Bagan Teori Momen Kritis Pelayanan |
Lingkaran Pelayanan / The Cycles of
Service (Albrecht & Bradford
,1990)
Untuk dapat memberikan pelayanan yang prima, pandangan
produsen dan konsumen harus sama. Hal ini sulit diwujudkan karena biasanya
organisasi penyelenggara sudah merumuskan sistem dan prosedur pelayanan. Untuk
mengatasi hal tersebut, Albrecht & Bradford, merumuskan konsep lingkaran
pelayanan yang berarti serangkaian momen kritis pelayanan yang dialami oleh
konsumen ketika ia memanfaatkan jasa layanan tersebut.
Dari model tersebut terlihat bahwa, bagi konsumen hampir
setiap detik adalah momen kritis pelayanan yang mungkin tidak disadari oleh
penyelenggara pelayanan dan orang-orang yang ada di dalamnya. Konsep lingkaran
pelayanan ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi momen-momen kritis
pelayanan yang harus dikelola secara profesional.
Teori Exit &
Voice (Albert Hirschman)
Menurut teori ini, kinerja pelayanan publik dapat
ditingkatkan apabila ada mekanisme exit
dan voice. Mekanisme exit mengandung
arti bahwa jika pelayanan publik tidak
berkualitas, maka konsumen/klien harus memiliki kesempatan untuk memilih
lembaga penyelenggara pelayanan publik lain yang disukainya. Mekanisme voice
berarti ada kesempatan untuk mengungkapkan ketidakpuasan kepada lembaga penyelenggara
pelayanan publik.
Penghambat
mekanisme exit:
- Kekuatan pemaksa dari negara
- Tidak tersedianya lembaga penyelenggara pelayanan publik alternatif
- Tidak tersedianya biaya untuk menciptakan lembaga penyelenggara pelayanan publik alternatif
Penghambat
mekanisme voice:
- Pengetahuan dan kepercayaan terhadap mekanisme yang ada
- Aksesbilitas dan biaya untuk mempergunakan mekanisme tersebut
Dengan demikian untuk meningkatkan pelayanan publik
diperlukan adanya kesetaraan posisi tawar antara klien dengan lembaga
penyelenggara layanan. Kesetaraan posisi tawar
dapat dicapai dengan:
- Memberdayakan klien
- Mengontrol kewenangan/kekuasaan lembaga penyelenggara pelayanan
Keseimbangan
posisi tawar antara klien dengan lembaga penyelenggara pelayanan dapat dicapai
dengan menerapkan konsep-konsep (salah satu atau beberapa konsep yang sesuai
dengan karakteristik pelayanan umum yang diselenggarakan) sebagai berikut:
- Customer’s charter:
- Customer service standard
- Customer redress
- Quality guarantees
- Quality inspectors
- Customer complaint systems
- Ombudsmen
- Competitive public choice systems
- Vouchers and reimbursement programs
- Customer information systems and brokers
- Competitive bidding
- Competitive benchmarking
- Privatization
- Sistem penggajian berdasarkan prestasi
- Sistem kerja berdasarkan kontrak
- Sistem Evaluasi kerja tiga ratus enam puluh derajat (3600)
Model Segitiga Pelayanan (The Service
Triangle)
Organisasi-organisasi yang bergerak di bidang pelayanan
yang sangat berhasil memiliki tiga kesamaan, yaitu:
strategi pelayanan yang tersusun secara baik
orang di lini depan berorientasi pada pelanggan
sistem
pelayanan yang ramah.
Setiap
organiisasi penyelenggara pelayanan harus mengelola tiga faktor tersebut untuk
mewujudkan kepuasan pelanggan. Interaksi ketiga faktor tersebut dengan
pelanggan akan menentukan keberhasilan manajemen dan kinerja pelayanan
organisasi.
Model Gap (Zeithaml, Parasuraman &
Berry, 1990)
Ketiga
pakar ini mengemukakan bahwa manajemen pelayanan yang baiktidak dapat terwujud
karena adanya 5 (lima) gap, yaitu :
- Gap 1 (gap persepsi manajemen): terjadi apabila terdapat perbedaan antara konsumen dengan persepsi manajemen mengenai harapan-harapan konsumen. Exp: harapan konsumen mendapatkan pelayanan prima (harga tidak mjd soal); sebaliknya manajemen mempunyai persepsi bahwa konsumen mengharapkan harga yang murah meskipun kualitasnya agak rendah.
- Gap 2 (persepsi kualitas) : terjadi apabila terdapat perbedaan antara persepsi manajemen tentang harapan-harapan konsumen dengan spesifikasi kualitas pelayanan yang dirumuskan.
- Gap 3 (penyelenggaraan pelayanan) : terjadi jika pelayanan yang diberikan berbeda dengan spesifikasi yang telah dirumuskan.
- Gap 4 (komunikasi pasar) : terjadi akibat adanya perbedaan antara pelayanan yang diberikan dengan komunikasi eksternal terhadap konsumen.
- Gap 5 (kualitas pelayanan) : terjadi karena pelayanan yang diharapkan konsumen tidak sama dengan pelayanan yang senyatanya diterima/dirasakan oleh konsumen.
- Gap 1: Kurang/tidak dimanfaatkannya riset pemasaran. Top down komunikasi yang kurang efektif. Terlalu banyak tingkatan manajemen.
- Gap 2: Komitmen manajemen terhadap kualitas pelayanan yang lemah. Persepsi tentang fasibilitas yang tidak tepat. Standarisasi tugas yang tidak tepat. Perumusan tujuan yang kurang tepat.
- Gap 3: Ketidak jelasan peran. Ada konflik peran. Karakteristik pekerja dengan pekerjaan yang tidak cocok. Karakteristik pekerjaan dengan teknologi yang tidak cocok. Sistem pengawasan yang tidak tepat; kontrol yang lemah. Tim yang tidak kompak.
- Gap 4: Kurangnya komunikasi horizontal. Cenderung mengobral janji.
- Gap 5: Akumulasi dari empat macam GAP tersebut.
Sumber : Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
same2... :D
ReplyDelete