Blognya Anak Kuliahan

Friday, September 27, 2013

Contoh PKM-Penelitian


PKM adalah sebuah akronim yang berarti Program Kreativitas Mahasiswa, dan PKM sendiri merupakan ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Direktorat Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti.

Dikalangan para mahasiswa PKM lebih dikenal sebagai lomba menulis proposal dalam berbagai bentuk (PKM-P, PKM-K, PKM-M, PKM-T, PKM-KC, PKM-AI, PKM-GT) yang diselenggarkaan oleh Dikti. Dan bagi para mahasiswa yang proposalnya lolos nanti akan diberikan dana insentif, dan bagi proposal terbaik akan dilombakan dalam suatu ajang tertinggi yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi yang ditunjuk (tiap tahun berpindah-pindah).

Saya pribadi kurang-lebih empat tahun selama berkarir menjadi mahasiwa sudah tiga kali mengusulkan proposal PKM, proposal pertama PKM-K (tidak lolos), proposal kedua PKM-GT (tidak lolos), dan proposal ketiga PKM-P (Alhamdulillah lolos/didanai).

Dan kali ini saya ingin berbagi dengan teman-teman sekalian Contoh Proposal PKM-Penelitian atau PKM-P yang Alhamdulillah terbukti lolos/didanai oleh Dikti. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman sekalian. 


4 comments:

  1. terimakasih...tulisan anda sangat membantu :)
    semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Rizky Hafiz : terimakasih kembali, senang bisa membantu, sukses juga buat anda.

    ReplyDelete
  3. itu proposalnya lolos pendanaan gak, mas?

    ReplyDelete
  4. AF : baca! diataskan sudah jelas itu

    ReplyDelete