Blognya Anak Kuliahan

Thursday, February 15, 2018

Sekilas Pengertian dan Pengetahuan Tentang Sustainable Development Goals (SDGs)


Sustainable Development Goals (SDGs) atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah sebuah agenda pembangunan global yang berisikan 17 goals/tujuan yang akan direalisasikan melalui 169 target dan 232 indikator yang terukur. Tujuan ini dicanangkan bersama oleh 189 negara-negara lintas pemerintahan pada resolusi PBB yang diterbitkan pada 21 Oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama yang akan dicapai pada tahun 2030. Tujuan ini sendiri merupakan kelanjutan atau pengganti dari program jangka panjang lainnya yaitu Millennium Development Goals (MDGs)/Tujuan Pembangunan Milenium yang telah berjalan sejak tahun 2000 dan telah berakhir pada tahun 2015 yang lalu.

SDGs merupakan sebuah cita-cita yang ingin mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan dalam jangka panjang. Kemudian, program ini secara eksplisit bertujuan untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan, mengurangi ketimpangan dalam dan antar negara, memperbaiki manajemen air dan energi, dan mengambil langkah urgen untuk mengatasi perubahan iklim. Berbeda dengan MDGs, SDGs menegaskan pentingnya upaya mengakhiri kemiskinan agar dilakukan bersama dengan upaya strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menerapkan langkah kebijakan sosial untuk memenuhi aneka kebutuhan sosial (seperti pendidikan, kesehatan, proteksi sosial, kesempatan kerja), dan langkah kebijakan untuk mengatasi perubahan iklim dan proteksi lingkungan.

Adapun ketujuh belas Goals/Tujuan tersebut adalah sebagai berikut;
  • Goal 1/Tujuan 1 - No Poverty/Tanpa kemiskinan: Pengentasan segala bentuk kemiskinan di semua tempat.
  • Goal 2/Tujuan 2 - Zero Hunger/Tanpa kelaparan: Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan.
  • Goal 3/Tujuan 3 - Good Health and Well-Being for People/Kehidupan sehat dan sejahtera: Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia.
  • Goal 4/Tujuan 4 - Quality Education/Pendidikan berkualitas: Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.
  • Goal 5/Tujuan 5 - Gender Equality/Kesetaraan gender: Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan.
  • Goal 6/Tujuan 6 - Clean Water and Sanitation/Air bersih dan sanitasi layak: Menjamin akses atas air dan sanitasi untuk semua.
  • Goal 7/Tujuan 7 - Affordable and Clean Energy/Energi bersih dan terjangkau: Memastikan akses pada energi yang terjangkau, bisa diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua.
  • Goal 8/Tujuan 8 - Decent Work and Economic Growth/Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi: Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan dan pekerjaan yang layak untuk semua.
  • Goal 9/Tujuan 9 - Industry, Innovation and Infrastructure/Industri, inovasi dan infrastruktur: Membangun infrastruktur kuat, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan dan mendorong inovasi.
  • Goal 10/Tujuan 10 - Reduced Inequalities/Berkurangnya kesenjangan: Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara-negara.
  • Goal 11/Tujuan 11 - Sustainable Cities and Communities/Kota dan komunitas berkelanjutan: Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan.
  • Goal 12/Tujuan 12 - Responsible Consumption and Production/Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab: Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  • Goal 13/Tujuan 13 - Climate Change/Penanganan perubahan iklim: Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya.
  • Goal 14/Tujuan 14 - Life Below Water/Ekosistem laut: Pelindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan.
  • Goal 15/Tujuan 15 - Life on Land/Ekosistem daratan: Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati.
  • Goal 16/Tujuan 16 - Peace, Justice and Strong Institutions/Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh: Mendorong masyarakat adil, damai, dan inklusif.
  • Goal 17/Tujuan 17 - Partnerships for the Goals/Kemitraan untuk mencapai tujuan: Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan.

Tujuan dan sasaran SDGs sendiri mencakup elemen-elemen penting kehidupan manusia dan keberadaan bumi sebagai tempat hidup. Bila digambarkan dengan terperinci, maka area tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Untuk kepentingan manusia (people). Dengan mengeliminasi kemiskinan dan kelaparan dalam setiap bentuk dan dimensi'nya, serta memastikan setiap manusia memperoleh kehormatan dan keadilan, serta lingkungan hidup yang sehat.
  • Untuk bumi (planet) sebagai tempat hidup. Dengan melindungi bumi dari degradasi (termasuk akibat konsumsi dan produksi), selanjutnya dengan mengelola sumber alam dan mengambil aksi nyata dalam menghadapi perubahan iklim (climate change), sehingga bumi mampu memenuhi kebutuhan generasi saat ini dan generasi mendatang.
  • Untuk kesejahteraan (prosperity). Dengan memastikan bahwa setiap insan bisa menikmati kesejahteraan dan mengisi hidup (secara ekonomi, sosial, maupun teknologi) dalam harmonisasi dengan lingkungan.
  • Untuk perdamaian (peace). Dengan mengembangkan perdamaian dan masyarakat terbuka (inclusive) yang bebas dari ketakutan dan kekerasan.
  • Untuk kemitraan (partnership). Dengan memobilisasi semua instrumen yang ada dalam mengimplementasikan agenda Global Partnership for Sustainable Development, berdasarkan pada semangat penguatan solidaritas global dan berfokus pada kebutuhan kaum miskin dan potensial miskin, serta melalui partisipasi semua negara dan masyarakatnya.

SDGs adalah sebuah kesepakatan pembangunan yang dibangun melalui semangat untuk mendorong berbagai macam perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan yang befokus pada tiga aspek, yaitu; sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Kemudian, SDGs diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau "No-one Left Behind". Dan akhirnya, walaupun SDGs ini merupakan produk global, namun tetap dapat diadaptasikan dan juga diaplikasikan secara universal melalui pertimbangan berbagai realitas di ranah lokal dan menghormati kebijakan serta prioritas nasional, karena kapasitas serta tingkat pembangunan tiap negara berbeda-berbeda.


2 comments: